Rabu, 23 Mei 2012

Kisah Akhir Tahun

Layakya sebuah skenario, kehidupan kita diatas bumi ini bagaikan pentas sandiwara. Sebut saja di tahun 2011 ini, khususnya pada semester III yang telah kami lewati. Menguras emosi dan jiwa, cinta dan air mata, ada senang, bahagia dan rasa sedih dan beragam dinamika perasaan telah kami pentaskan dengan peran masing-masing secara profesional. Ada yang berperan antagonis dan adapula  yang berperan protagonis. Dan adapula peran pendukung yang keberadaannya tidak bisa diabaikan.
Pada awalnya, semester ini kami jalani seperti biasa, namun sebelumnya kami memang sudah mendapat lampu kuning dalam menghadapinya. Tapi entah mengapa, lama-kelamaan klimaks dan anti klimaks dari perjalanan kami itu akhirnya tiba juga. Jatuh bangun, terpontang panting tertiup angin dan badai cobaan kami rasakan (agak2 alai di’.... tpi biarlah, bermotif sastrawan sejenak). Tapi semua akan indah pada akhirnya, dibalik semua kesulitan ternyata ada dahaga kemudahan yang kami dapatkan dalam sumur ilmu yang tak pernah kering.
Setidaknya, ada beberapa konsep dan skenario terbesar dalam realitanya dalam pementasan tersebut. Saya dapat menyebut fenomena tersebut dalam konsep “DELAPAN KEJADIAN LUAR BIASA DALAM SEMESTER III”. Dalam kejadian itu, ada banyak hikmah yang dapat saya jadikan sebagai pengalaman berharga dalam menjalani dan mengintrospeksi diri pada dimensi kehidupan selanjutnya. Berikut dokumentasinya:
1.     AUDISI DMP
Hahahahaha (kalau inagat kejadian ini, saya bisa tertawa dan bersedih).... berawal dari rasa penasaran dan ingin mencoba, saya akhirnya memberanikan diri mengikuti sebuah ajang pencarian bakat. Namanya DMP, dari pagi ambil formuir dan menunggu giliran, dan akhirnya habis isya baru audisi. Di dalam sebuah ruangan berbentuk kubus yang didalamnya terdapat 3 sosok manusia termasuk saya, dengan suasana yang tegang saya berusa ekspresif mengeluarkan semua bakat dan kemampuan saya (maklum,,,, saya kan multi talent,,, hahahah astagfirulllah... bukan bermaksud takabur) wawasan, seni (jadi host, puisi, nyanyi, ngaji dll) saya kerahkan untuk menarik perhatian juri. Dan abracadabra n Alhamdulillah yachhh akhirnya saya lolos ketahap berikutnya... sampai kebeberapa tahap selanjutnya akhirnya saya pun gugur. Sedihnya,,,,, huhuhuhuhu (belum rejeki kali.... sabar). Pulang minumracun,,, hohooh frustasi.
Kalau tidak salah, tanpa ada janjian sebelunya ada beberapa anak UNHAS yang ikut dalam event tersebut. Dan satu diantaranya lolos sampai sekarang di DMP ANTV bersaing dengan finalis dari berbagai penjuruh wilayah di Indonesia. Namanya MURSYIDAH NURFADILLAH..... DUKUNG YACH...
2.     LAB DAN LAPORAN ABM
Bisa kami katakana, bahwa rintangan terbesar semester ini ada pada lab ABM  beserta laporannya yang jumlah halamannya tidak sempat kami hitung. Kurang lebih 2 bulan kami digembleng oleh sang asisten yang memandu kami memahami materi ini. Entah sudah berapa rim kertas yang dicoret dan dipantul, entah berapa bungkus tinta yang kami gunakan dan entah berapa besar pengorbanan perasaan yang tercurah dalam proses tersebut. Dan yang lebih penting, entah berapa puluh kali kami membangunkan dan mengganggu waktu tidur seseorang (yang bila disebut namanya, pasti lehernya naik 5 cm) untuk mintol prin dan scan. Dan entah berapa banyak pula laporan yang kami kopas dan digabungkan agar tidak diketahui oleh sang asisten.
Pengorbanan yang sangat luar binasa. Yang tidak bisa kami ungkapkan dengan kata-kata. Ada canda dan tawa disana, disebuah pondok yang nomor pintunya 17 (entah siapa penghuninya), ada persaudaraan dan kebersamaan yang mungkin tidak akan pernah saya lupakan (tak terkecuali kalau saya amnesia). Pun ada cinta yang bersemi ditempat itu. Suntikan-suntikan tinta, print dan kertas-kertas itu yang nantinya akan menjadi saksi bisu perjuangan kami dalam menyusun laporan. Terimah kasih untuk semua, berkat smagad kalian kita bisa.....
Tidak sampai itu saja,,,,,, klimaks atau puncak dari tugas ini ada dibagian-bagian akhirnya, dimana kami diharuskan menyusun laporan lengkap dengan mengumpulkan semua laporan yang telah di ACC. Dalam waktu yang tidak lama, hanya beberapa hari, kami diharuskan melengkapi laporan tersebut, mencari ttd asisten dan menjilidnya. Sampai-sampai, ada beberapa tempat jilid yang tidak sanggup menerima order kami karena ketebalannya melebihi pada lazimnya. Namun dibalik semua itu akhirnya terselesaikan juga dengan doa dan usaha yg kami lakukan.
3.     PKM-GT UNHAS
Kejadian ini juga merupaka fenomena yang selalu terekamdalam pikiran saya. Walaupun hasilnya tidak begitu memuaskan tapi didalamnya ada banyak cerita yang tertoreh. Bersama ASMALIAH HIDAYANTI dan ERVINA ASNURI kami diharuskan mempersentasekan kreatifitas kami dalam skala unhas di rekrorat. Kejadian lucu pagi itu mengawali pagi kami, dengan nada yang tidak bersalah dan begitu PeDe-nya kami bertiga mengikuti pembukaan lain dari yang lain. Sejauh mata memandang semua peserta menggunakan almamater merah dan hanya kami yang tidak ( huuuuu,,,, ngak tau malu lu).. untungnya pagi itu ada sesosok makhluk yang menyamar menjadi malaikat membawakan kami almamater, sebut saja inisialnya MUHAMMAD IKHSAN. Makasih yach bro...
Presentasi dimulai dengan semangat dan lancer, ada kepuasan tersendiri yang kami dapatkan disana. Menurut pengakuan dewan hakim sich ide dan persentase kami sudah bagus namun yang membuat kami jatuh yaitu pada format penulisannya.... lagi -2 belum rejeki cinnnn.........
4.     PERJALANAN KE SINJAI DAN MARRIEDNYA KA ULFA
Hahahaha............ tujuan utamanya sich memenuhi undangan, tapi ada tujuan khusus yang kami harapkan. Refreshing dan jalan-jalan tentunya. Selama kurang lebih 5 jam kami menapaki jalan dari Makassar menuju sinjai. Dari sore hingga lwat tngah malam. Diantaranya ada cerita putrid duyung yang unyu-unyu, pembantaiaan, sampai cerita menahan pipis karena tak menemukan tempat yang pas untuk singgah.... ewaika’.com. sesampainya di sinjai kami bermukim di rumah salah seorang teman kami yang namanya SYULFIKAR THAMRIN. Keramahan keluarga kami semakin menambah dinmika perjalan ini. Disambut dengan hangat (hahha.... jangan berfikir kita diculupin di air hangat yach...) dinner malam-malam, walaupun diperjalanan sudah ada yg makan duluan Karen mau mati kelaparan.
Tidur yang nyenyak dan melelahkan. Pagi pun tiba kami sambut dengan menghirup udara segarnya syinjai dan dilanjutkan jalan-jalan kesungai mencari batu untuk dijual sebagai penambah kas dana kami untuk pulang. Pemandangan yang keren dan spektakuler kami abadikan dengan dokumentasi foto-foto yang dihiasi dengan model-model professional termasuk saya. Capek juga bos,,, tanjakan dan turunan (kaya nija hatori dong.... mendaki gunung lewat dilembah..)
Habis itu, bersih bersih dan sarapan yg kemudian dilanjutkan ke tujuan utama kita memenuhi undangan. Singkat cerita kami sampai ke tempt tujuan dan disanalah salah1 teman kami menemukan dambaan hatinya.... inisialnya IKA APRILIANTI, yang kelepek2 pada seseorang disana. Trus pulang dechhh lanjut ke acara bias 2011. Satu yang saya paling ingat dalam perjalanan ini bahwa selama itu pula dimobil saya diapit oleh paha. Hahaha (kalo dipikir2 seharusnya saya cman bayar setengah, karena tmpat duduk saya juga setengah).
5.     LOMBA PAPER INOVASI TINGKAT NASIONAL
Lanjut ke kisah selanjutnya. Besama dengan A.TERI KAWAREN dan KA’ ROSA BUDIASRI SUDIRO, kami bahu membahu menciptakan inovasi baru yang menjadikan kami maju ke babak 20 besar. Dengan dibimbing oleh ibu BALKIS kami akhirnya mempersentasekan karya kami. Tidak jauh beda dengan PKM-GT, disini hasil yang kami dapatkan pun tidak terlalu memuaskan. Namun itulah usaha kami.
6.     RAKERNAS ILMAGI
Ketika tuhan memberikan saya kesempatan, maka saya akan berambisius untuk mendaatkannya. Singkat cerita sya terpilih sebagai salah-satu anggota ilmagi divisi pendidikan. Disini bersama 4 teman lainnya kami didelegasikan untuk mengikuti RAKERNAS di kota malang. Tentunya saya tidak mau menyia-nyiakan moment ini. Setidaknya saya dapat menggoreskan pena dalam cerita tentang kesempatan itu. Dan dengan semangat dan kemauan yang kuat saat itu saya terpilih menjadi presidium sidang...kembali SAYA bersyukur pada atas kesempatan yang diberikan ALLAH pada saya.
7.     MALAM NATAL
Sebagai wujud toleransi beragama kami terhadap ummat kristiani, kami tak mau kalah untuk melakukan kegiatan di malam natal. Tepatnya di rumah pak AJI, bersama ka KIM, ZYUL, JUNED, ICCANG, ARDAN, RIO, ABID, KIFA, DAYA, DAN si RISKA lo lo gue gue (loe pembntu gue majikan) yang kalau ngomongpake qalqalah sugrah dan qubrah kami melaksanakan ritual bakar-bakar... apa yang kami bakar...??????,,, JAGUNG yang disantap dengan peco’2 dan sambel yang tidak terlalu pedes. Malam semakin larus, kami pun semakin digigit nyamuk,,, ehhh salah maksudq semakin rame dan rebut. Teman2 main domino, games dan main tidur-tidur... itu aja sichhh... tapi abiezzz seru kok...
8.     MALAM, 29
Malamnya, kembali kami kumpu2 ma mereka... (syiapa?) tau achhh. Kembali diawali dengan main PS, trus nonton Colombia, trus nonton film keramat dan hantu-hantu, dihiasi dengan cerita syetan dari sinjai ke gowa sampai ke jawa yang kemudian menghiasi malam kami dengan suasana mistis dan tanpa kami sadari bahwa hari sudah pagi dan mata kami masih melek. Dan alhasil, kami tidurnya jam 6 pagi.... gila,,, pas bangun kepala pusing badan pegel-pegel... kebetulan hari ini my birthday.... dan dengan sedikit scenario  mereka membuat supriceparty.... pura-pura terkejut dechhh..... hahah, makan kue dechhh,,,, muka dicolek pake mentega... ngak aseeek banget dechhhhh.... maksich untuk keluarga kecilku ini (entah apa kata mereka, kalau saya sudah mengakuinya sebagai keluarga)...hohoho. dan akhirnya terciptalah notes ini sebagai penutup cerita akhir tahun dan akhir semester.
mmmm..... itulah segelintir gambaran dinamikakehidupan yangkami jalani di tahun ini. Ada hikmah dibaliknya, bahwa kita harus tetap semangat, harus bangkit dari keterpurukan tetap berusaha, dan berdoa serta enjoy terhadap apa yangkita pilih untuk dikerjakan. Sampai jumpa di cerita dan pentas 2012... see you.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut